Header Ads

Breaking News
recent

KBRI dan Asosiasi Persahabatan Yordania-Indonesia Resmikan Taman Indonesia

kemlu.go.id
RANTAU-AMMAN -- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Amman baru saja meresmikan Taman Indonesia di Kota Salt. Pembukaan Taman Indonesia di Kota Salt itu dilakukan KBRI bekerja sama dengan Pemerintah Kota Salt dan Asosiasi Persahabatan Yordania-Indonesia (Jordan-Indonesia Friendship Association/JIFA) dalam rangka menyambut Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada 21 November 2016. Mereka juga melakukan penanaman 400 pohon pada tanggal 20 November 2016.

Menurut pihak KBRI, inisiatif pembuatan Taman Indonesia berawal dari keinginan Wali Kota Salt, Khalid Khashman, setelah mendapatkan kesan positif dalam menyaksikan peresmian Taman Indonesia di Kota Amman dan Universitas Philadelphia, Jerash, pada 18 Januari 2016.

Khalid menyediakan lahan untuk Taman Indonesia yang terletak di pinggir Kota Salt. Taman dibangun tepat di tepi bukit yang menghadap hamparan hijau luas dan perbatasan Negara Palestina. Luas taman tersebut adalah sekitar 12 hektare.

Sebagaimana diberitakan Antara, Pembangunan taman ini sejalan dengan program kerja Pemda Salt untuk membangun taman-taman baru dan merehabilitasi taman-taman yang sudah ada, termasuk otomatisasi pengairan taman. Selain itu, hal ini juga sesuai dengan komitmen KBRI Amman untuk membantu melakukan penghijauan di Jordania, sekaligus sebagai bentuk promosi Indonesia yang hijau.

KBRI Amman selanjutnya membangun gapura, memasang papan petunjuk, dan menyediakan 400 pohon untuk ditanam. Jenis-jenis yang ditanam antara lain zanzalaq, yasmin azraq, zamzariq, dan jenis tanaman lokal lain yang sesuai dengan iklim setempat.

Dalam sambutannya, Khalid Khashman menuturkan terima kasih atas dukungan KBRI Amman dalam membantu penghijauan di Kota Salt dalam bentuk Taman Indonesia. Ia menilai kegiatan ini merupakan langkah awal untuk membangun kerja sama bilateral yang lebih erat antara Indonesia dan Jordania di masa mendatang. JIFA juga menyampaikan komitmennya untuk membantu KBRI Amman dalam membuka kerja sama dengan mitra-mitra baru di seluruh Yordania.

Selanjutnya, KBRI Amman dan Pemerintah Jordania sepakat untuk bersama-sama mempromosikan dan mendukung aksi penanggulangan perubahan iklim dengan menciptakan lingkungan hidup yang lebih hijau dan berkelanjutan. (tirto.id)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.